SEJARAH
Martha Tilaar Group dipelopori oleh DR. (H.C.) Martha Tilaar pada tahun
1970 dengan membuka sebuah salon kecantikan Martha di kediaman orangtuanya,
Yakob Handana, di Jalan Kusuma Atmaja No.47 Menteng, Jakarta Pusat.
Berikut perkembangan Martha Tilaar Group dari masa ke masa:
§
Tahun 1970. DR. Martha Tilaar memulai usahanya di
garasi kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Menteng, Jakarta Pusat.
§
Tahun 1972. Pembukaan salon kecantikan kedua DR.
Martha Tilaar, yaitu Martha Griya Salon di Menteng. Di salon inilah, untuk
pertama kalinya perawatan kecantikan tradisional berbasis tanaman herbal dan
bisnis kecantikan dimulai.
§
Tahun 1977. PT Martina Berto didirikan oleh DR.
Martha Tilaar bersama mitra usaha yaitu Bernard Pranata (almarhum) dan Theresia
Harsini Setiady.
§
Tahun 1977. Bekerjasama dengan Theresia Harsini
Setiady yang merupakan pendiri Kalbe Group, PT Martina Berto meluncurkan brand Sariayu sebagai produk kecantikan dan jamu
modern.
§
Tahun 1981. PT Martina Berto mendirikan pabriknya
sendiri di kawasan industri Pulogadung.
§
Tahun 1983. PT Martina Berto kembali mendirikan
pabrik keduanya di Pulogadung.
§
Tahun 1983. Di tahun yang sama, PT SAI Indonesia
yang sebelumnya adalah PT Sari Ayu Indonesia didirikan untuk mendukung PT
Martina Berto dalam mendistribusikan produk-produk kosmetiknya.
§
Tahun 1988-1990. PT Martina Berto
melahirkan merek-merek kosmetika baru seperti Cempaka, Jamu Martina, Pesona,
Biokos Martha Tilaar, Caring Colours Martha Tilaar, dan Belia Martha Tilaar.
§
Tahun 1993-1995. Terjadi proses akuisisi oleh sejumlah
perusahaan ke dalam PT Martina Berto.
§
Tahun 1996. PT Martina Berto menjadi pabrik
kosmetika pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat mutu ISO 9001.
§
Tahun 1999. PT Martina Berto membeli saham Kalbe
Group, dan sejak saat itu Kalbe Group sepenuhnya berada di bawah manajemen
Martha Tilaar Group.
§
Tahun 2000. PT Martina Berto mendapatkan
sertifikat ISO 14001.
§
Tahun 2001-2009. PT Martina Berto menambahkan
merek-merek baru di segmen pasar berbeda, yaitu Professional Artist Cosmetics
(PAC), Dewi Sri Spa, Jamu Garden dan sebagainya.
§
Tahun 2010. Martha Tilaar Group memasuki usia
40 tahun.
§
Tahun 2011. PT Martina Berto menjadi PT Martina
Berto Tbk.
§
Tahun 2011. Martha Tilaar Group terpilih
menjadi salah satu dari 55 perusahaan dunia yang menjadi anggota Global Conpact
Lead PBB di Davos, Switzerland.
§
Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk menerima
penghargaan sebagai Pioneer in Technology dari Kementrian Industri, yang
diserahkan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.
§
Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk mendapat
penghargaan dalam Asia Responsible Entrepreneurship Awards 2012 untuk kategori
Green Leadership.
§
Tahun 2013. PT Martina Berto Tbk mendapatkan
Corporate Image Award 2013
§
Tahun 2015. Martha Tilaar Group memasuki usia
45 tahun.
§
Tahun 2015. PT Martina Berto Tbk mendapatkan
1st Outstanding Corporate Innovation Award 2015.
§
Tahun 2016. Dr. (H.C.) Martha Tilaar menerima
Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Pemerintah Republik
Indonesia.
§
Tahun 2016. PT Martina Berto Tbk mendapatkan
Sustainable Business Award 2016.
§
Tahun 2016. PT Martina Berto Tbk mendapatkan
Anugerah Abyudaya 2016.
§
Tahun 2016. Martha Tilaar Group mendapatkan
Family Business Award 2016 : "Building Family Reputation".
Kini, Martha Tilaar Group terdiri atas:
1. PT
Martina Berto Tbk (perusahaan pemasaran dan produksi)
2. PT
Cedefindo (perusahaan produksi dan maklon)
3. PT
SAI Indonesia ( perusahaan distributor dan logistik )
4. PT Martha Beauty Gallery (sekolah dan
pendidikan kecantikan Puspita Martha International School)
5. PT
Cantika Puspa Pesona (perusahaan jasa spa dan salon
termasuk usaha waralaba)
6. PT
Creative Style Mandiri (perusahaan agensi periklanan)
7. PT Kreasi Boga Primatama (perusahaan penyedia
tenaga kerja)
STRUKTUR ORGANISASI
VISI MISI
Visi Untuk menjadi perusahaan kecantikan global terkemuka dengan
nilai-nilai alam dan Timur, menggunakan penelitian, pengembangan dan teknologi
modern dalam memberikan nilai tambah kepada pelanggan.
Misi Mengoperasikan perusahaan
kecantikan kelas dunia berdasarkan nilai inti Martha Tilaar Group.
FILOSOFI
Martha Tilaar Group telah mengembangkan
manajemen branding korporasi dengan menganggap Martha Tilaar sebagai "home
brand merk", dari mana nama NET - I3 muncul. NET adalah singkatan dari
Natural, Eastern, Technology; I3 singkatan dari Icon, Innovation and Institution.
Konsep NET menyoroti keunikan konsep pengembangan merek dan bisnis, sedangkan
rangkaian produknya diperkaya dengan nilai-nilai tradisional timur dan
dirancang oleh penggunaan teknologi modern. Perusahaan sangat percaya bahwa
penerapan konsep ini menguntungkan Martha Tilaar Group dalam mendapatkan
keunggulan kompetitifnya di industri kosmetik lokal dan global. Lebih dari itu,
konsep tersebut diajukan untuk menguntungkan pemangku kepentingan, pemegang
saham, karyawan, konsumen akhir dan masyarakat secara keseluruhan.
BERSIH
Alam
Sifat keindahan seseorang bagaikan bunga
yang menyulut masing-masing roh surgawi yang unik dari dalam, menghasilkan
keanggunan luar yang sempurna dan memberi energi pada alam sekitarnya.
Alam
Kepulauan Indonesia diperkaya dengan
berbagai flora berkembang yang saling terintegrasi dengan budaya eksotis dan
peradaban kuno. Budaya Timur sebagai alam multibudaya, adalah perpaduan
dari peradaban dunia yang besar, memandang wanita dan kecantikan sebagai koin
dua sisi, sedangkan keindahan alam yang abadi adalah kombinasi keseimbangan
antara keindahan dalam dan luar.
Teknologi
Penggunaan teknologi modern mendukung
para ahli dalam menuangkan berbagai ide dan inovasi untuk menciptakan desain
dan produk kosmetik berkualitas tinggi yang higienis
Dalam bahasa Jawa kuno, itu disebut Rupasampat Wahyabyantara. Konsep Rupasampat
Wahyabyantara melambangkan wanita yang ideal dengan Dewi Saraswati empat tangan
yang berdiri di atas Bunga Teratai. Keempat tangannya memegang sesuatu yang
simbolis untuk pengetahuan, kecantikan wanita, iman Tuhan, dan harmoni;
sementara Bunga Teratai adalah simbol ketabahan dan kekuatan moral.
INDUSTRI &
PEMASARAN
Martha Tilaar Group
memiliki dua anak perusahaan yang memproduksi dan memasarkan produk-produknya,
yaitu
PT Martina Berto Tbk dan PT Cedefindo. Dengan kemampuannya
memproduksi produk berkualitas dan menyusun strategi pemasaran, kedua
perusahaan terus berkembang menjadi bagian dari Martha Tilaar Group yang
mulai go global.
DISTRIBUSI
Martha Tilaar Group
memiliki dua anak perusahaan yang bertanggungjawab menangani masalah distribusi
produk-produknya, yaitu PT SAI Indonesia yang
menangani distribusi lokal, dan Martina Berto International yang
bertanggungjawab mengurus distribusi internasional.
PELAYANAN
Selain memproduksi produk-produk kecantikan berkualitas, Martha Tilaar
Group juga memiliki anak perusahaan yang menawarkan pelayanan jasa di bidang
kecantikan. Empat anak perusahaan adalah PT Martha Beauty Gallery yang
menawarkan pelayanan jasa pendidikan, salon, kesenian dan kecantikan, PT Cantika Puspa Pesona yang
menawarkan kerjasama manajemen waralaba baik lokal maupun internasional untuk
salon dan spa, PT Creative Style yang
merupakan agensi periklanan,serta PT
Kreasi Boga Primatama yang merupakan agensi sumber
daya manusia.
SEJARAH
Martha Tilaar Group dipelopori oleh DR. (H.C.) Martha Tilaar pada tahun
1970 dengan membuka sebuah salon kecantikan Martha di kediaman orangtuanya,
Yakob Handana, di Jalan Kusuma Atmaja No.47 Menteng, Jakarta Pusat.
Berikut perkembangan Martha Tilaar Group dari masa ke masa:
§
Tahun 1970. DR. Martha Tilaar memulai usahanya di
garasi kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Menteng, Jakarta Pusat.
§
Tahun 1972. Pembukaan salon kecantikan kedua DR.
Martha Tilaar, yaitu Martha Griya Salon di Menteng. Di salon inilah, untuk
pertama kalinya perawatan kecantikan tradisional berbasis tanaman herbal dan
bisnis kecantikan dimulai.
§
Tahun 1977. PT Martina Berto didirikan oleh DR.
Martha Tilaar bersama mitra usaha yaitu Bernard Pranata (almarhum) dan Theresia
Harsini Setiady.
§
Tahun 1977. Bekerjasama dengan Theresia Harsini
Setiady yang merupakan pendiri Kalbe Group, PT Martina Berto meluncurkan brand Sariayu sebagai produk kecantikan dan jamu
modern.
§
Tahun 1981. PT Martina Berto mendirikan pabriknya
sendiri di kawasan industri Pulogadung.
§
Tahun 1983. PT Martina Berto kembali mendirikan
pabrik keduanya di Pulogadung.
§
Tahun 1983. Di tahun yang sama, PT SAI Indonesia
yang sebelumnya adalah PT Sari Ayu Indonesia didirikan untuk mendukung PT
Martina Berto dalam mendistribusikan produk-produk kosmetiknya.
§
Tahun 1988-1990. PT Martina Berto
melahirkan merek-merek kosmetika baru seperti Cempaka, Jamu Martina, Pesona,
Biokos Martha Tilaar, Caring Colours Martha Tilaar, dan Belia Martha Tilaar.
§
Tahun 1993-1995. Terjadi proses akuisisi oleh sejumlah
perusahaan ke dalam PT Martina Berto.
§
Tahun 1996. PT Martina Berto menjadi pabrik
kosmetika pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat mutu ISO 9001.
§
Tahun 1999. PT Martina Berto membeli saham Kalbe
Group, dan sejak saat itu Kalbe Group sepenuhnya berada di bawah manajemen
Martha Tilaar Group.
§
Tahun 2000. PT Martina Berto mendapatkan
sertifikat ISO 14001.
§
Tahun 2001-2009. PT Martina Berto menambahkan
merek-merek baru di segmen pasar berbeda, yaitu Professional Artist Cosmetics
(PAC), Dewi Sri Spa, Jamu Garden dan sebagainya.
§
Tahun 2010. Martha Tilaar Group memasuki usia
40 tahun.
§
Tahun 2011. PT Martina Berto menjadi PT Martina
Berto Tbk.
§
Tahun 2011. Martha Tilaar Group terpilih
menjadi salah satu dari 55 perusahaan dunia yang menjadi anggota Global Conpact
Lead PBB di Davos, Switzerland.
§
Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk menerima
penghargaan sebagai Pioneer in Technology dari Kementrian Industri, yang
diserahkan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.
§
Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk mendapat
penghargaan dalam Asia Responsible Entrepreneurship Awards 2012 untuk kategori
Green Leadership.
§
Tahun 2013. PT Martina Berto Tbk mendapatkan
Corporate Image Award 2013
§
Tahun 2015. Martha Tilaar Group memasuki usia
45 tahun.
§
Tahun 2015. PT Martina Berto Tbk mendapatkan
1st Outstanding Corporate Innovation Award 2015.
§
Tahun 2016. Dr. (H.C.) Martha Tilaar menerima
Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Pemerintah Republik
Indonesia.
§
Tahun 2016. PT Martina Berto Tbk mendapatkan
Sustainable Business Award 2016.
§
Tahun 2016. PT Martina Berto Tbk mendapatkan
Anugerah Abyudaya 2016.
§
Tahun 2016. Martha Tilaar Group mendapatkan
Family Business Award 2016 : "Building Family Reputation".
Kini, Martha Tilaar Group terdiri atas:
1. PT
Martina Berto Tbk (perusahaan pemasaran dan produksi)
2. PT
Cedefindo (perusahaan produksi dan maklon)
3. PT
SAI Indonesia ( perusahaan distributor dan logistik )
4. PT Martha Beauty Gallery (sekolah dan
pendidikan kecantikan Puspita Martha International School)
5. PT
Cantika Puspa Pesona (perusahaan jasa spa dan salon
termasuk usaha waralaba)
6. PT
Creative Style Mandiri (perusahaan agensi periklanan)
7. PT Kreasi Boga Primatama (perusahaan penyedia
tenaga kerja)
STRUKTUR ORGANISASI
VISI MISI
Visi Untuk menjadi perusahaan kecantikan global terkemuka dengan
nilai-nilai alam dan Timur, menggunakan penelitian, pengembangan dan teknologi
modern dalam memberikan nilai tambah kepada pelanggan.
Misi Mengoperasikan perusahaan
kecantikan kelas dunia berdasarkan nilai inti Martha Tilaar Group.
FILOSOFI
Martha Tilaar Group telah mengembangkan
manajemen branding korporasi dengan menganggap Martha Tilaar sebagai "home
brand merk", dari mana nama NET - I3 muncul. NET adalah singkatan dari
Natural, Eastern, Technology; I3 singkatan dari Icon, Innovation and Institution.
Konsep NET menyoroti keunikan konsep pengembangan merek dan bisnis, sedangkan
rangkaian produknya diperkaya dengan nilai-nilai tradisional timur dan
dirancang oleh penggunaan teknologi modern. Perusahaan sangat percaya bahwa
penerapan konsep ini menguntungkan Martha Tilaar Group dalam mendapatkan
keunggulan kompetitifnya di industri kosmetik lokal dan global. Lebih dari itu,
konsep tersebut diajukan untuk menguntungkan pemangku kepentingan, pemegang
saham, karyawan, konsumen akhir dan masyarakat secara keseluruhan.
BERSIH
Alam
Sifat keindahan seseorang bagaikan bunga
yang menyulut masing-masing roh surgawi yang unik dari dalam, menghasilkan
keanggunan luar yang sempurna dan memberi energi pada alam sekitarnya.
Alam
Kepulauan Indonesia diperkaya dengan
berbagai flora berkembang yang saling terintegrasi dengan budaya eksotis dan
peradaban kuno. Budaya Timur sebagai alam multibudaya, adalah perpaduan
dari peradaban dunia yang besar, memandang wanita dan kecantikan sebagai koin
dua sisi, sedangkan keindahan alam yang abadi adalah kombinasi keseimbangan
antara keindahan dalam dan luar.
Teknologi
Penggunaan teknologi modern mendukung
para ahli dalam menuangkan berbagai ide dan inovasi untuk menciptakan desain
dan produk kosmetik berkualitas tinggi yang higienis
Dalam bahasa Jawa kuno, itu disebut Rupasampat Wahyabyantara. Konsep Rupasampat
Wahyabyantara melambangkan wanita yang ideal dengan Dewi Saraswati empat tangan
yang berdiri di atas Bunga Teratai. Keempat tangannya memegang sesuatu yang
simbolis untuk pengetahuan, kecantikan wanita, iman Tuhan, dan harmoni;
sementara Bunga Teratai adalah simbol ketabahan dan kekuatan moral.
INDUSTRI &
PEMASARAN
Martha Tilaar Group
memiliki dua anak perusahaan yang memproduksi dan memasarkan produk-produknya,
yaitu
PT Martina Berto Tbk dan PT Cedefindo. Dengan kemampuannya
memproduksi produk berkualitas dan menyusun strategi pemasaran, kedua
perusahaan terus berkembang menjadi bagian dari Martha Tilaar Group yang
mulai go global.
DISTRIBUSI
Martha Tilaar Group
memiliki dua anak perusahaan yang bertanggungjawab menangani masalah distribusi
produk-produknya, yaitu PT SAI Indonesia yang
menangani distribusi lokal, dan Martina Berto International yang
bertanggungjawab mengurus distribusi internasional.
PELAYANAN
Selain memproduksi produk-produk kecantikan berkualitas, Martha Tilaar
Group juga memiliki anak perusahaan yang menawarkan pelayanan jasa di bidang
kecantikan. Empat anak perusahaan adalah PT Martha Beauty Gallery yang
menawarkan pelayanan jasa pendidikan, salon, kesenian dan kecantikan, PT Cantika Puspa Pesona yang
menawarkan kerjasama manajemen waralaba baik lokal maupun internasional untuk
salon dan spa, PT Creative Style yang
merupakan agensi periklanan,serta PT
Kreasi Boga Primatama yang merupakan agensi sumber
daya manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar