PROFIL

SEJARAH
Martha Tilaar Group dipelopori oleh DR. (H.C.) Martha Tilaar pada tahun 1970 dengan membuka sebuah salon kecantikan Martha di kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Jalan Kusuma Atmaja No.47 Menteng, Jakarta Pusat.
Berikut perkembangan Martha Tilaar Group dari masa ke masa:
§  Tahun 1970. DR. Martha Tilaar memulai usahanya di garasi kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Menteng, Jakarta Pusat.
§  Tahun 1972. Pembukaan salon kecantikan kedua DR. Martha Tilaar, yaitu Martha Griya Salon di Menteng. Di salon inilah, untuk pertama kalinya perawatan kecantikan tradisional berbasis tanaman herbal dan bisnis kecantikan dimulai.
§  Tahun 1977. PT Martina Berto didirikan oleh DR. Martha Tilaar bersama mitra usaha yaitu Bernard Pranata (almarhum) dan Theresia Harsini Setiady.
§  Tahun 1977. Bekerjasama dengan Theresia Harsini Setiady yang merupakan pendiri Kalbe Group, PT Martina Berto meluncurkan brand Sariayu sebagai produk kecantikan dan jamu modern.
§  Tahun 1981. PT Martina Berto mendirikan pabriknya sendiri di kawasan industri Pulogadung.
§  Tahun 1983. PT Martina Berto kembali mendirikan pabrik keduanya di Pulogadung.
§  Tahun 1983. Di tahun yang sama, PT SAI Indonesia yang sebelumnya adalah PT Sari Ayu Indonesia didirikan untuk mendukung PT Martina Berto dalam mendistribusikan produk-produk kosmetiknya.
§  Tahun 1988-1990. PT Martina Berto melahirkan merek-merek kosmetika baru seperti Cempaka, Jamu Martina, Pesona, Biokos Martha Tilaar, Caring Colours Martha Tilaar, dan Belia Martha Tilaar.
§  Tahun 1993-1995. Terjadi proses akuisisi oleh sejumlah perusahaan ke dalam PT Martina Berto.
§  Tahun 1996. PT Martina Berto menjadi pabrik kosmetika pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat mutu ISO 9001.
§  Tahun 1999. PT Martina Berto membeli saham Kalbe Group, dan sejak saat itu Kalbe Group sepenuhnya berada di bawah manajemen Martha Tilaar Group.
§  Tahun 2000. PT Martina Berto mendapatkan sertifikat ISO 14001.
§  Tahun 2001-2009. PT Martina Berto menambahkan merek-merek baru di segmen pasar berbeda, yaitu Professional Artist Cosmetics (PAC), Dewi Sri Spa, Jamu Garden dan sebagainya.
§  Tahun 2010. Martha Tilaar Group memasuki usia 40 tahun.
§  Tahun 2011. PT Martina Berto menjadi PT Martina Berto Tbk.
§  Tahun 2011. Martha Tilaar Group terpilih menjadi salah satu dari 55 perusahaan dunia yang menjadi anggota Global Conpact Lead PBB di Davos, Switzerland.
§  Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk menerima penghargaan sebagai Pioneer in Technology dari Kementrian Industri, yang diserahkan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.
§  Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk mendapat penghargaan dalam Asia Responsible Entrepreneurship Awards 2012 untuk kategori Green Leadership.
§  Tahun 2013. PT Martina Berto Tbk mendapatkan Corporate Image Award 2013
§  Tahun 2015. Martha Tilaar Group memasuki usia 45 tahun.
§  Tahun 2015. PT Martina Berto Tbk mendapatkan 1st Outstanding Corporate Innovation Award 2015.
§  Tahun 2016. Dr. (H.C.) Martha Tilaar menerima Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Pemerintah Republik Indonesia.
§  Tahun 2016. PT Martina Berto Tbk mendapatkan Sustainable Business Award 2016.
§  Tahun 2016. PT Martina Berto Tbk mendapatkan Anugerah Abyudaya 2016.
§  Tahun 2016. Martha Tilaar Group mendapatkan Family Business Award 2016 : "Building Family Reputation".
Kini, Martha Tilaar Group terdiri atas:
1. PT Martina Berto Tbk (perusahaan pemasaran dan produksi)
2. PT Cedefindo (perusahaan produksi dan maklon)
3. PT SAI Indonesia ( perusahaan distributor dan logistik )
4. PT Martha Beauty Gallery (sekolah dan pendidikan kecantikan Puspita Martha International School)
5. PT Cantika Puspa Pesona (perusahaan jasa spa dan salon termasuk usaha waralaba)
6. PT Creative Style Mandiri (perusahaan agensi periklanan)
7. PT Kreasi Boga Primatama (perusahaan penyedia tenaga kerja)

STRUKTUR ORGANISASI


VISI MISI
Visi Untuk menjadi perusahaan kecantikan global terkemuka dengan nilai-nilai alam dan Timur, menggunakan penelitian, pengembangan dan teknologi modern dalam memberikan nilai tambah kepada pelanggan. 

Misi Mengoperasikan perusahaan kecantikan kelas dunia berdasarkan nilai inti Martha Tilaar Group.
FILOSOFI
Martha Tilaar Group telah mengembangkan manajemen branding korporasi dengan menganggap Martha Tilaar sebagai "home brand merk", dari mana nama NET - I3 muncul. NET adalah singkatan dari Natural, Eastern, Technology; I3 singkatan dari Icon, Innovation and Institution.


Konsep NET menyoroti keunikan konsep pengembangan merek dan bisnis, sedangkan rangkaian produknya diperkaya dengan nilai-nilai tradisional timur dan dirancang oleh penggunaan teknologi modern. Perusahaan sangat percaya bahwa penerapan konsep ini menguntungkan Martha Tilaar Group dalam mendapatkan keunggulan kompetitifnya di industri kosmetik lokal dan global. Lebih dari itu, konsep tersebut diajukan untuk menguntungkan pemangku kepentingan, pemegang saham, karyawan, konsumen akhir dan masyarakat secara keseluruhan.



BERSIH



Alam
Sifat keindahan seseorang bagaikan bunga yang menyulut masing-masing roh surgawi yang unik dari dalam, menghasilkan keanggunan luar yang sempurna dan memberi energi pada alam sekitarnya.



Alam
Kepulauan Indonesia diperkaya dengan berbagai flora berkembang yang saling terintegrasi dengan budaya eksotis dan peradaban kuno. Budaya Timur sebagai alam multibudaya, adalah perpaduan dari peradaban dunia yang besar, memandang wanita dan kecantikan sebagai koin dua sisi, sedangkan keindahan alam yang abadi adalah kombinasi keseimbangan antara keindahan dalam dan luar.



Teknologi
Penggunaan teknologi modern mendukung para ahli dalam menuangkan berbagai ide dan inovasi untuk menciptakan desain dan produk kosmetik berkualitas tinggi yang higienis



Dalam bahasa Jawa kuno, itu disebut Rupasampat Wahyabyantara. Konsep Rupasampat Wahyabyantara melambangkan wanita yang ideal dengan Dewi Saraswati empat tangan yang berdiri di atas Bunga Teratai. Keempat tangannya memegang sesuatu yang simbolis untuk pengetahuan, kecantikan wanita, iman Tuhan, dan harmoni; sementara Bunga Teratai adalah simbol ketabahan dan kekuatan moral.

INDUSTRI & PEMASARAN

Martha Tilaar Group memiliki dua anak perusahaan yang memproduksi dan memasarkan produk-produknya, yaitu

PT Martina Berto Tbk dan PT Cedefindo. Dengan kemampuannya memproduksi produk berkualitas dan menyusun strategi pemasaran, kedua perusahaan terus berkembang menjadi bagian dari Martha Tilaar Group yang mulai go global.

DISTRIBUSI
Martha Tilaar Group memiliki dua anak perusahaan yang bertanggungjawab menangani masalah distribusi produk-produknya, yaitu PT SAI Indonesia yang menangani distribusi lokal, dan Martina Berto International yang bertanggungjawab mengurus distribusi internasional.

PELAYANAN
Selain memproduksi produk-produk kecantikan berkualitas, Martha Tilaar Group juga memiliki anak perusahaan yang menawarkan pelayanan jasa di bidang kecantikan. Empat anak perusahaan adalah PT Martha Beauty Gallery yang menawarkan pelayanan jasa pendidikan, salon, kesenian dan kecantikan, PT Cantika Puspa Pesona yang menawarkan kerjasama manajemen waralaba baik lokal maupun internasional untuk salon dan spa, PT Creative Style yang merupakan agensi periklanan,serta  PT Kreasi Boga Primatama yang merupakan agensi sumber daya manusia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kandungan Manfaat Buah Langsat Untuk Memutihkan Kulit

Langsat adalah buah lokal asal Indonesia. Buah ini hampir mirip bentuknya dengan duku, namun bedanya rasa buah langsat lebih asam. Selai...